Rabu, 14 Juli 2010

Membuat BLOG dengan mudah


Banyak sekali alasan mengapa kita harus membuat blog. Beberapa diantaranya adalah karena sekedar hobi, senang menulis hingga hal-hal serius seperti mencari uang dari internet dengan melakukan bisnis online. Jujur saja saya lebih fokus membicarakan kenapa alasan kita membuat blog adalah untuk alasan yang terakhir saya tuliskan di atas. Karena menurut saya hampir tidak ada gunanya kita menghabiskan waktu membuat blog yang cantik dan elok dan sedap dipandang mata hanya untuk sekedar hobi semata (maaf sekali lagi itu hanya menurut saya) dan tentu saja Anda bebas berpendapat apapun mengenai alasan mengapa kamu ngeblog.

Dari uraian di atas hal yang paling mendasar ditanyakan oleh beberapa orang yang ingin ngeblog adalah bagaimana cara membuat blog yang paling mudah dan bisa langsung jadi secara instant. Kemudian tambahan pertanyaan lainnya adalah bagaimana caranya mendatangkan pengunjung (=baca trafik) menuju blog yang sudah kamu buat.

blogger_com

Awalnya saya membuat blog adalah menggunakan media gratis pembuat blog atau blog service provider. Melalui layanan penyedia media blog tentu saja kita tidak perlu pusing memikirkan hal-hal teknis yang lebih sulit ketimbang kita harus mencari domain apa yang tepat dan dimana saya harus meletakkannya (hosting). Hal termudah adalah menggunakan media blog paling terkenal seperti Blogger.com dan Wordpress.com. Keduanya adalah gratis tanpa dipungut biaya sama sekali. Anda bisa membuat sebuah blog dengan cepat tanpa perlu memikirkan hal-hal yang sulit Anda pahami dibandingkan jika Anda harus berlangganan sebuah hosting.

wordpress_com

Selain dari alasan di atas tentu saja Anda bisa lebih fokus ke konten. Konten adalah hal paling utama dari keberadaan blog Anda. Pernah mendengar istilah konten adalah raja? ini adalah sebuah pernyataan dari banyak orang yang sudah berhasil membuat blog dan memberdayakannya sesuai dengan fungsi dan kebutuhannya. Bagi saya konten adalah hal yang paling penting dan memang itulah jiwa Anda.

Mengapa Memilih Media Blog Gratis?

Beberapa alasan di bawah ini adalah untuk menjawab pertanyaan di atas.

  1. Gratis untuk digunakan. Jika ada sesuatu hal yang cocok dan mudah bagi Anda apalagi sesuatu itu gratis alasan apa yang membuat Anda menolaknya?. Gratis adalah salah satu hal utama di dunia maya Internet. Semua berawal dari sana, walaupun tidak semuanya bisa diperoleh dengan gratis. Jangan lupa bahwa gratis juga berkaitan dengan kualitas, umumnya sesuatu yang gratis memiliki keterbatasan jumlah maupun kualitas. Blogger.com dan Wordpress.com adalah gratis namun tidaklah jelek. Nah ini yang pasti Anda sangat sukai, sudah gratis bagus, tentu saja ini sangat menarik perhatian Anda. Memang tidak ada pernyataan khusus dari kedua media di atas sampai kapan mereka bisa memberikan layanan gratis tersebut, tapi masa bodohlah dengan hal tersebut yang terpenting Anda harus tetap fokus saja ke konten dan pencarian trafik untuk blog Anda.
  2. Mudah untuk digunakan. Pada bagian ini Anda wajib untuk mencari tahu bahwa Blogger.com ataupun Wordpress.com mudah untuk digunakan? Saya berani mengatakan bahwa keduanya memang mudah sekali untuk dipahami dan canggih. Lihatlah nama dibalik si pembuatnya yaitu Google dan Wordpress. Kedua nama besar di dunia Internet yang sangat disegani oleh rival-rival di bisnis yang sama.

Membuat Blog dengan Media Hosting Sendiri


FatCow $88 Plan for $58 only
Jika hal yang gratis tidaklah menarik perhatian Anda maka kebalikannya adalah jawabannya. Kelemahan dari pemilihan media blog yang harus Anda lakukan sendiri ini adalah tidak mudah. Semua harus Anda lakukan sendiri dan berbayar.

Mulai dari memilih nama domain, menentukan tempat hosting, mengirimkan file-file dan hal-hal teknis lainnya. Kelemahan lainnya adalah dari sisi trafik, karena Anda harus benar-benar dari nol besar untuk memulainya. Berbeda dengan cara gratis yang bisa relatif lebih cepat untuk mendapatkan trafik maka cara berbayar ini akan lebih sulit karena Anda harus mempromosikan dan melakukan secara berkala tanpa batasan kapan Anda harus berhenti.


Bluehost.com Web Hosting $6.95
Keunggulan dari pilihan berbayar Anda adalah sebuah brand atau image pribadi ataupun usaha Anda akan tercipta lebih baik, lebih kredibel dan lebih punya batasan waktu yang panjang. Anda tidak perlu khawatir apabila blog Anda akan mati secara tiba-tiba karena alasan teknis si penyedia blog gratis tersebut atau bahkan yang paling pahit adalah mereka bangkrut hingga menyetop semua layanannya. Pada sistem berbayar Andalah penentunya kapan harus mulai dan kapan harus berhenti. Alasan lain adalah Anda bisa lebih leluasa berekspresi dan menentukan tampilan blog Anda inginnya seperti apa, Andalah raja di blog Anda sendiri.


Professional Hosting from Just Host
Apapun cara yang Anda pilih tidaklah menjadi masalah sesuai tahapan dan tujuan Anda. Saya hanya memberikan pemahaman mengenai bagaimana caranya memulai sesuatu yang paling mendasar bagaimana caranya Anda membuat blog pertama kali.

Dari uraian saya dapat Anda simpulkan sendiri mana yang Anda pilih. Cara gratis adalah cara paling mudah untuk dilakukan jika sudah merasa cocok, lalu meningkat terus sesuai kebutuhan dan trafik Anda barulah ditingkatkan menuju hosting berbayar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar